Senin, 24 Juli 2017

Ibu Hamil Harus Makan yang Banyak? Benarkah Demikian?


Ibu Hamil Harus Makan yang Banyak? Benarkah Demikian? - Sering dengar bahwa ibu hamil mesti makan untuk dua orang ia dan janinnya? Faktanya, perihal selanjutnya serupa sekali tidak benar. Jumlah keperluan kalori yang diperlukan wanita hamil ditentukan oleh indeks massa tubuh (IMT), aktivitas, dan type kehamilan (kembar atau tidak).


Jika IMT Anda normal sebelum saat hamil, mesti diperhatikan bahwa terhadap trimester pertama, Anda tidak perlu tambahan kalori.

Pada trimester dua diperlukan tambahan 300 kalori per hari. Tambahan selanjutnya setara bersama dengan dua gelas susu dan semangkuk oatmeal. Sedangkan terhadap trimester tiga diperlukan tambahan 500 kalori per hari.

Bagaimana kalau Anda hamil kembar? Maka Anda perlu tambahan 300 kalori per hari untuk tiap-tiap janin.

Pola Makan Saat Hamil
Saat hamil, menaikkan kuantitas makanan sebetulnya penting. Namun, Anda termasuk tidak boleh lengah di dalam menentukan makanan.

Konsumsilah makanan bernutrisi tinggi untuk menopang kesegaran Anda maupun pertumbuhan janin. Makanan selanjutnya termasuk mesti bervariasi.

Anda bisa mencatat menu-menu ini:

Karbohidrat: roti, pasta, nasi, dan serealia. Pilih makanan bersama dengan bahan basic gandum dan mengkonsumsi sebanyak sepertiga berasal dari total kalori harian.
Protein: daging (kecuali hati), ikan, dan telur.
Produk susu: susu, yoghurt, dan keju. Pilih produk rendah lemak bila IMT Anda overweight atau obese.
Buah dan sayur, sebanyak lima porsi sehari.
Jika Anda terbiasa makan makanan manis dan mengenyangkan sepanjang kehamilan, segeralah ubah. Lebih baik makan kerap tapi bersama dengan porsi kecil. Secara umum, perihal selanjutnya bisa menopang mengurangi rasa mual.

Beberapa wanita hamil termasuk mengalami peningkatan nafsu makan. Untuk mengontrolnya, konsumsilah makanan tinggi serat (dan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran sehari), minum memadai air, dan berolahraga secara teratur.